Tips Desain Rumah Kost atau Kontrakan

Tips Desain Rumah Kost atau Kontrakan

Tips dalam Mendesain Rumah Kontrakan Minimalis – Kunci pokok dari suatu usaha atau keinginan yang akan di wujudkan adalah rencanakan segala sesuatunya dengan baik, karena ini adalah kunci terciptanya suatu usaha yang kita inginkan. Begitu pula dengan usaha rumah kontrakan, di perlukan rencana-rencana yang tepat untuk melancarkan usaha rumah kontrakan yang akan di bangun.

desain rumah kost mewah bertingkat
desain rumah kost mahasiswa mewah bertingkat

Tips Desain Rumah Kost/Kontrakan

Dalam merencanakan usaha Rumah Kontrakan perlu di perhatikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Mulailah dengan merencanakan ide, konsep, dan desain kontrakan.

Tentukanlah tema yang ingin anda terapkan pada kontrakan yang akan anda bangun. Perlu di perhatikan juga luas lahan yang akan didirikan bangunan tersebut. Jika terlalu sempit/pas-pasan luas lahan, sebaiknya menggunakan konsep kost yang minimalis. Yang di dalam kost hanya terdapat ruang tempat tidur dan kamar mandi dalam. Dari pengalaman, kamar mandi dalam merupakan salah satu solusi tepat untuk memberikan minat pada seseorang target yang ingin mengontrak, hal ini sudah menjadi rahasia umum bagi pebisnis kontrakan masa kini.

Dan jika memang lahan yang di miliki cukup luas, buatlah kontrakan dengan model petakan/paviliun dengan minimal 3 petak, tersedia untuk ruang tamu, ruang tidur dan kamar mandi ataupun dapat menambahkan dapur jika memang masih cukup tempat. Ataupun dapat juga membuat suatu desain rumah minimalis yang di dalamnya terdapat ruang-ruang seperti halnya rumah pada umumnya, namun cukup dengan satu kamar seperti pada desain rumah di bawah.

denah rumah kontrakan satu kamar tidur
denah rumah kontrakan satu kamar tidur
desain rumah kontrakan minimalis
desain rumah kontrakan minimalis

2. Tentukan Target Pasar Yang di Sasar

Dalam hal ini, penentuan target pasar yang di usung dapat tergantung dari daerah lingkungan sekitar. Semisal di wilayah tempat kontrakan yang di dirikan terdapat universitas-universitas, anda dapat menyasar mahasiswa dengan kontrakan minimalis sesuai dengan kemampuan mahasiswa, karena tidak banyak dari mereka yang membutuhkan dapur di dalam kontrakannya. Jika target yang di sasar adalah para karyawan yang sudah memiliki istri/suami, anda dapat menerapkan konsep rumah minimalis pada desain gambar sebelumnya.

Pembagian target pasar yang di sasar dapat pula di bagi dua kelas, yakni kelas menengah ke bawah dan kelas menengah ke atas. Dengan segmentasi ini akan menentukan desain yang akan anda gunakan. Tentunya harga untuk kelas menengah kebawah berbeda dengan kelas menengah keatas. Fasilitas di dalam ruangan pun turut serta dalam pembagian kelas ini.

3. Kenyamanan dan Keamanan yang Terjaga

Hal yang terpenting dari suatu kontrakan adalah kenyamanan dan keamanan. Dengan tempat dan lingkungan sekitar kontrakan yang bersih dan aman dapat menarik minat para calon pengontrak, serta dapat menambah durasi dari para pengontrak yang lama. Sirkulasi udara dan pencahayaan merupakan hal yang juga perlu di perhatikan dari rumah kontrakan anda.

ilustrasi kamar kost fasilitas lengkap
ilustrasi kamar kost fasilitas lengkap

Adanya fasilitas yang lengkap juga dapat menarik minat lain, seperti adanya AC, TV ataupun furniture-furniture umum yang biasa di gunakan sehari-hari. Membedakan wilayah kontrakan perempuan dan laki-laki juga dapat memberikan kenyamanan bagi masing-masing kaum. Keramahan sang pemilik akan memiliki daya tarik tersendiri.

================

Artikel Sebelumnya : 

 Batu Alam Cirebon

– 4 Tips Memilih Batu Alam yang Tepat Menurut Ahlinya

– 3 Tips & 8 Langkah Cara Pemasangan Keramik Batu Alam 

– Taman Batu Alam dari 3 Posisi Berbeda, Solusi Minimalis

– Harga Batu Alam Per Meter Persegi (m²) Oktober 2016

– 7 Tips Pemasangan Batu Koral Sikat dan Harganya


Harga Batu Alam

Batu Palimanan

Leave a Comment