6 Tempat Aplikasi Batu Alam Pada Eksterior Rumah

Aplikasi Batu Alam Untuk Eksterior – Penggunaan batu alam sudah menjadi kebutuhan umum bagi dunia property, karena hampir di setiap bangunan yang baru berdiri, banyak yang mengaplikasikan batu alam. Bukan sesuatu yang berlebihan, mengingat batu alam dapat di manfaatkan di hampir setiap sudut bangunan. Mulai dari interior bangunan hingga eksterior bangunan.

1. Ruang Keluarga Desain Dinding Batu Alam
Ruang Keluarga Desain Dinding Batu Alam

Interior bangunan yang meliputi ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, hingga kamar mandi merupakan tempat yang tidak asing untuk aplikasi batu alam yang selengkapnya akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Sedangkan pada artikel kali ini kami akan membahas sesuai dengan judul di atas, 6 Tempat Aplikasi Batu Alam pada Ekterior Rumah maupun Bangunan lainnya yang mengaplikasikan batu alam

6 Tempat Aplikasi Batu Alam Untuk Eksterior

Eksterior Bangunan merupakan bagian terpenting lainnya dari suatu bangunan. Yang sebagian besar dari eksterior bangunan difungsikan sebagai penghias bangunan. Maka sangat tepat jika eksterior bangunan mengaplikasikan batu alam yang memiliki salah satu manfaat sebagai penghias bangunan. Berikut 6 elemen ekterior rumah/ bangunan yang dapat mengaplikasikan batu alam pada bidangnya :

1. Aplikasi Batu Alam Untuk Pagar 

Selain sebagai pembatas, pagar juga bisa membantu menambah nilai artistik. Pilihlah jenis batu alam yang tahan terhadap lumut dan jamur. Batu alam yang biasa digunakan seperti batu templek, batu palimanan dan batu andesit. Adapun batu candi yang cukup tepat untuk aplikasi pagar dengan batu alam, meskipun memiliki pori-pori yang besar yang berpotensi cepat tumbuhnya jamur dan lumut. Namun, hal ini dapat di atasi dengan penggunaan coating / cat batu alam.

aplikasi batu alam untuk pagar
aplikasi batu alam untuk pagar

2. Aplikasi Batu Alam Untuk Taman 

Biasanya rumah-rumah di perkotaan besar selalu melengkapi desain eksterior rumahnya dengan taman. Posisinya bisa ada di depan rumah, tapi juga di samping dan belakang rumah. Batu yang digunakan: batu paraskebumen, batu koral sikat, batu candi, batu jampang, batu api, batu karang, batu bronjol, batu aras, batu templek purwakarta, batu palimanan.

taman aplikasi batu koral sikat
taman aplikasi batu koral sikat

3. Aplikasi Batu Alam Untuk Kolam Hias 

Paduan kolam dengan tanaman darat di sekitarnya bisa memberi kesan memperluas fisik kolam. Batu yang biasa digunakan untuk kolam hias seperti batu bronjol, batu kali, batu candi, batu andesit, batu pacitoroso, dan batu koral.

taman kolam aplikasi batu alam
taman kolam dinding aplikasi batu alam

4. Aplikasi Batu Alam Untuk Carport 

Saat ini carport menjadi bagian yang tak terpisahkan dari rumah. biasanya terdapat di bagian depan rumah yang menghubungkan teras dengan garasi. Pilihlah jenis batu yang tidak mudah berlumut. Jenis batu yang digunakan: batu templek, batu pancawarna, batu koral sikat, keramik, batu andesit, batu alor, batu aras bali, batu reog. 

batu alam untuk lantai
batu alam koral sikat untuk lantai carport

5. Aplikasi Batu Alam Untuk Dinding Teras

Dinding Teras selain harus kuat, juga harus tahan terhadap segala cuaca. Biasanya cat (eksterior) masih belum mampu menahan kerusakan yang diakibatkan cuaca ekstrim. Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan batu alam: batu parasjogja, batu palimanan, batu templek, batu andesit, batu bronjol, batu jampang, batu marmer, batu koral, batu candi atau batu cupang merah seperti pada dinding gambar di bawah.

dinding batu alam cupang merah
dinding teras batu alam cupang merah

6. Aplikasi Batu Alam Untuk Pilar / Tiang Teras

Pilar / Tiang Teras biasanya diletakkan di bagian luar rumah sebagai penopang struktur bangunan. Agar tampilannya tidak monoton, hias pilar dengan batu alam. Batu alam yang bisa digunakan: batu bronjol, batu bata, batu andesit, batu palimanan. (sumber : tabloidnova.com)

tiang teras batu alam andesit susun sirih
dinding & tiang teras batu alam andesit 

Perawatan Untuk Eksterior Aplikasi Batu Alam

Bagian Eksterior bangunan merupakan bagian yang sangat rentan terhadap segala cuaca, terlebih untuk cuaca ekstrim yang memudahkan tumbuhnya lumut ataupun jamur, terutama pada bagian pagar dan dinding teras yang terkena langsung sinar matahari dan hujan. Maka, di sarankan bagian eksterior menggunakan cat / coating batu alam yang setidaknya dapat mengurangi pertumbuhan lumut maupun jamur berkembang lebih cepat. Namun jika di lakukan perawatan yang rutin akan semakin meminimalisir resiko tersebut.

(selengkapnya tentang  Cat Pelapis / Coating Batu Alam)

Berbeda lagi jika anda menginginkan sesuatu yang alami natural dari aplikasi batu alam, sebaiknya tidak di lakukan coating batu alam. Hanya saja perawatan yang rutin sangat wajib di lakukan untuk menjaga keindahan dari batu alam untuk eksterior tersebut.

Related Post :

– Karakteristik Jenis – Jenis Batu Alam Cirebon

– Macam-macam Desain Aplikasi Batu Koral Sikat pada Taman

4 Tips Memilih Batu Alam Menurut Ahlinya

– 4 Manfaat dan Harga Batu Koral Sikat

– Contoh Tiang Teras Batu Alam Susun Sirih


Harga Batu Alam

Batu Palimanan

Leave a Comment