10 Langkah Jitu Cara Pemasangan Batu Alam pada Dinding

Tips Cara Pemasangan Batu Alam Pada Dinding dan Cara Membersihkan Dinding Batu Alam – Dilengkapi dengan Variasi Pola Pemasangan Batu Alam Bergaya Eropa di artikel sebelumnya


Tips Cara Pemasangan Batu Alam Pada Dinding – Pemasangan batu alam merupakan bagian penting dari penggunaan/aplikasi batu alam. Jika di lakukan dengan baik dan tepat, hasil dari pemasangan batu alam akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pemilik ataupun penikmatnya. Jadi kunci utama dari aplikasi batu alam khususnya pada dinding terletak dari pemasangan yang baik dan benar, disamping kombinasi yang tepat dengan batu alam dari jenis yang berbeda, yang dapat memberikan nilai lebih dari aplikasi batu alam itu sendiri. Seperti kombinasi batu alam andesit dan cupang merah dari rumah batu alam di bawah, yang memberikan kecantikan batu cupang merah namun tetap menampilkan keeleganan dari batu andesit. 

Aplikasi Batu Alam Cupang Merah
Aplikasi Batu Alam Cupang Merah

Tips Pemasangan Batu Alam Dinding dan Cara membersihkannya

Pemasangan batu alam yang baik dan benar harus di lakukan dengan hati-hati, tidak asal-asalan dan harus memperhitungkan waktu yang tepat untuk membersihkan sisa-sisa semen yang meluas kepermukaan batu alam sebelum semen tersebut mengering, yang tentunya akan membuat buruk tampilan dari dinding batu alam. Berikut kami berikan tips dan cara pemasangan batu alam yang baik dan benar.

♦ Tips dan Cara Pemasangan Batu Alam :

1. Persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan yaitu paku beton, benang, adukan semen. benang digunakan untuk sebagai acuan agar pemasangannya bisa rapi, siku dan rata. Selain itu untuk finishing siapkan pelapis/coating untuk melapisi permukaan batu alam agar tidak mudah berlumut.

2. Pastikan batu alam berbentuk siku. Apabila tidak siku maka bisa dibuat siku sendiri dengan alat pemotong keramik.

3. Persiapkan dinding yang akan ditempel batu alam. Dengan cara mengupas atau dibobok pada permukaan dinding secara acak. Hal ini dilakukan agar adukan semen dapat merekatkan antara batu dengan dinding dengan baik. 

Membobok Dinding untuk Pemasangan Batu Alam
Membobok Dinding untuk Pemasangan Batu Alam

4. Pasang paku beton pada bagian atas dinding yang dipasang benang. Benang ini akan digunakan sebagai acuan untuk pemasangan batu alam agar siku.

memasang benang acuan untuk pemasangan batu alam
memasang benang acuan untuk pemasangan batu alam

5. Basahi atau rendam batu alam dengan air. Hal ini digunakan untuk menjaga kelembaban. Seperti yang kita tahu batu mempunyai pori yang besar. Apabila terlalu kering maka akan cepat menyedot air dalam adukan semen saat dipasang. Oleh karena itu agar dapat merekat sempurna maka dibasahi terlebih dahulu.

6. Pemasangan batu bisa dimulai dari bawah terlebih dahulu. Jangan lupa diberi ganjal agar tidak merosot.

7. Anda bisa menggunakan adukan semen pasir atau semen khusus semen instan agar dapat merekat dengan baik. untuk adukan semen pastikan bahwa proporsi semen yang baik dan gunakan tukang yang berpengalaman.

8. Anda bisa menggunakan teknik pemasangan maju mundur untuk menambah nilai estetika.

9. Setelah Pemasangan, akan keluar sisa-sisa semen dari samping batu alam. Harus cepat dibersihkan agar tidak kering.

membersihkan sisa semen setelah pemasangan batu alam
membersihkan sisa semen setelah pemasangan batu alam

10. Setelah pemasangan selesai maka langkah terakhir adalah melapisi batu alam dengan cat pelindung/coating agar tidak mudah berlumut

Dari cara ini, kita bisa mengetahui bagaimana caranya memasang batu alam dengan baik serta dapat mempersiapkan bahan dan alat apa saja yang akan digunakan serta menghitung biaya yang akan dikeluarkan. Hasil pemasangan batu alam yang baik akan memberikan kepuasan tersendiri pada anda.

♦ Perawatan Dinding Batu Alam 

Adapun perawatan dinding batu alam tidak memerlukan teknik yang begitu rumit. Berikut langkah dan tips dalam merawat dinding batu alam :

1. Jika ada kotoran yang menempel, kita bisa membersihkan dengan cara menyemprotkan air menggunakan selang pada dinding batu alam tersebut.

2. Jika debu atau kotoran yang menempel tersebut tidak bisa hilang atau terlepas, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan sikat dan kuas untuk membersihkannya.

3. Jika perlu, sebelum dilakukan penyikatan dinding batu alam tersebut dibasahi atau disiram dengan air yang dicampur sabun. Setelah disikat bersih, dinding tersebut disiram lagi menggunakan air yang bersih.

4. Untuk menghindari adanya lumut yang tumbuh, terutama ketika datang musim hujan, sebaiknya batu tersebut diberi lapisan atau coating yang jenisnya disesuaikan dengan jenis batu yang digunakan. Penggunaan coating ini harus dilakukan minimal enam bulan hingga satu tahun sekali. (selengkapnya tentang coating batu alam/cat pelapis batu alam)

 

Related Post : 

Batu Alam Cirebon

– Desain Variasi Pola Pemasangan Batu Alam Eropa

– 5 Desain Dinding Batu Alam dari Batu Alam Dinding Cirebon

Keramik Batu Alam Andesit Unggulan

Tiang Teras Batu Alam Susun Sirih Top Design

Pagar Batu Alam Menyempurnakan Tampilan Rumah Elegan

================================================================================

 

PABRIK BATU ALAM => kontak

Batu Palimanan

Leave a Comment